Tentang Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN)

TUJUAN JIKN

JIKN yang merupakan sistem jaringan informasi dan sarana pelayanan informasi arsip dinamis dan statis secara nasional memiliki tujuan mewujudkan layanan arsip dinamis dan statis sebagai memori kolektif Bangsa Indonesia secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah. Untuk menyajikan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan kepada publik.

JIKN juga memiliki peran penting dalam konteks negara kesatuan, yakni sebagai sarana bantu penyatuan riwayat dokumenter yang terpisah-pisah atau terpecah-pecah (fragmented documentary history) di antara para penyelenggara kearsipan seluruh Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki banyak propinsi dan kabupaten/kota, menghadapi tantangan, yaitu banyak arsip yang merekam saat ini dan sejarah masa lampau mengenai suatu subjek tertentu, tetapi mungkin disimpan oleh penyelenggara kearsipan yang tersebar lintas yurisdiksi dan geografi sebagai akibat dari perubahan-perubahan dan pergeseran-pergeseran pemerintahan. Karena sulit untuk menyatukan bahan-bahan tersebut secara fisik, mengingat tersebar lintas yurisdiksi dan geografi yang berbeda, maka JIKN yang berbasis teknologi menawarkan suatu solusi dalam rangka menciptakan memori virtual secara nasional.

Selain itu JIKN bertujuan untuk meningkatkan minat para pengguna arsip dinamis dan statis. Dengan menggunakan internet, "kunjungan" ke khasanah arsip akan lebih mudah dilakukan, di samping juga meningkatkan pemberdayaan arsip dinamis dan statis oleh masyarakat.





ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA


PUSAT SISTEM DAN JARINGAN INFORMASI KEARSIPAN NASIONAL

Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560

Telp: (+6221) 780-2043
Fax: (+6221) 781-0283
Email: [email protected] | Helpdesk : http://helpdesk.jikn.go.id | Site : https://jikn.go.id/