Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Klaten

Identity area

Identifier

23310-24

Authorized form of name

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Klaten

Parallel form(s) of name

Other form(s) of name

Type

  • Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota

Contact area

 

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Klaten

Type

Address

Street address

Jl. Lombok No. 2 Kanjengan Klaten

Locality

Klaten

Region

Jawa Tengah

Country name

Indonesia

Postal code

Telephone

322020

Fax

(0272) 322020

Note

 

Domain Simpul Jaringan

Type

Address

Street address

Locality

Region

Country name

Postal code

Telephone

Fax

Email

Note

Description area

History

Berdirinya Perpustakaan Umum Kabupaten Klaten bermula dari keinginan berbagai tokoh masyarakat yang menghendaki adanya tempat pusat pembelajaran bersama dan diskusi bagi masyarakat Klaten. Dari keinginan itu Lembaga Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menyarankan dengan Surat Nomor : 510/I.UM/1971 tanggal 27 Juli 1971 perihal saran pembentukan Dewan Perpustakaan Kota Kabupaten Klaten, sebagai Pembina Perpustakaan “Sasana Pustaka” Klaten.

Menangggapi saran dari Lembaga Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta tersebut Bupati Klaten Soetijoso membentuk Dewan Perpustakaan Kabupaten Klaten dengan SK Nomor : II/066/S.K./Kdh/73 tanggal 20 Maret 1973 tetang Pembentukan Dewan Perpustakaan Kabupaten Klaten. Bertugas membina dan mengatur Perpustakaan Umum “Sasana Pustaka“ Kabupaten Klaten yang dijadikan perpustakaan induk Kabupaten Klaten.

Untuk menindak lanjuti keberadaan Perpustakaan Sasana Pustaka dalam menjalankan aktifitasnya kepada masyarakat, pada tanggal 28 Desember 1973 diadakan persetujuan bersama antara Bupati Klaten dengan Lembaga Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta yang isinya adalah : Bupati Klaten menyanggupi mendirikan gedung Perpustakaan Umum milik Pemerintah Daerah yang beralamat Jalan Pramuka Nomor 3 beserta perlengkapan kantor. Sementara ini Lembaga Perpustakaan Departemen Pendidikan Jakarta akan menyediakan sejumlah buku-buku untuk koleksi diberikan 2.500 eksemplar, kemudian setiap tahun akan diberikan 20 persen dari jumlah koleksi.

Setelah terbentuknya Dewan Perpustakaan Kota Kabupaten Klaten, kemudian ditindak lanjuti oleh Bupati Klaten dengan SK Bupati Kepala Daerah Kabupaten Klaten Nomor :Ad.II/SK/KDH/078/II/75 tanggal 24 Pebruari 1975 didirikan Perpustakaan Umum “Sasana Pustaka“ berbentuk yayasan dengan akte notaris Nomor. 4 tertanggal 3 Maret 1975.

Untuk lebih memantapkan kedudukan dan fungsi Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan non formal, maka Pemerintah Kabupaten Klaten menetapkan Perda nomor 2 tahun 1996 tentang Perpustakaan Umum. Ketika itu kelembagaan masih di Sub Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Tingkat II Kabupaten Klaten.

Seiring dengan perkembangan Perpustakaan yang terus meningkat, Pemerintah Kabupaten mengeluarkan Perda nomor 18 Tahun 2001 tentang kelembagaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Umum. Dimana Perpustakaan Umum kedudukannya pada Seksi Pelayanan Perpustakaan.

Geographical and cultural context

Mandates/Sources of authority

Administrative structure

Records management and collecting policies

Buildings

Holdings

Finding aids, guides and publications

Access area

Opening times

Access conditions and requirements

Accessibility

Services area

Research services

Reproduction services

Public areas

Control area

Description identifier

Institution identifier

Rules and/or conventions used

Status

Level of detail

Dates of creation, revision and deletion

Language(s)

Script(s)

Sources

Maintenance notes

Access points

Access Points

  • Kearsipan (Thematic area)
  • Clipboard

Primary contact

Jl. Lombok No. 2 Kanjengan Klaten
Klaten, Jawa Tengah
ID