Tentang Kami

JIKN merupakan jaringan informasi dan sarana pelayanan informasi arsip lingkup nasional memiliki tujuan mewujudkan layanan arsip sebagai memori kolektif Bangsa Indonesia secara lengkap, mudah, cepat dan murah sekaligus menyajikan transparansi dan akuntabilitas pemerintah kepada publik.

JIKN memiliki peran penting dalam konteks negara kesatuan, sebagai sarana bantu penyatuan riwayat dokumenter yang tersebar di antara penyelenggara kearsipan di Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia menghadapi tantangan dengan banyaknya arsip yang tersimpan diantara penyelenggara kearsipan lintas yurisdiksi dan geografi sebagai akibat perubahan dan pergeseran pemerintahan daerah. Karena ada kesulitan untuk menyatukan arsip-arsip tersebut secara fisik, maka dengan pemanfaatan teknologi melalui JIKN menawarkan solusi menciptakan memori bangsa secara virtual.

Hal lainnya adalah untuk meningkatkan minat para pengguna arsip memanfaatkan internet dalam melakukan kunjungan ke khasanah arsip bangsa secara lebih mudah, cepat dan murah sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan arsip oleh masyarakat.

ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional
Telp. (+6221) 780-2043
Fax (+6221) 781-0283
Email: support@sikn.go.id | Helpdesk: helpdesk.sikn.go.id