Menampilkan 340 hasil

Deskripsi Arsip
Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI)
Pratinjau Hasil Cetak Lihat:

263 hasil temuan memiliki objek digital Perlihatkan hasil dengan objek digital

Belanda Melancarkan Agresi Militer Kedua di Yogya

Khazanah Arsip Statis Bernilai Sejarah tentang Belanda Melancarkan Agresi Militer Kedua di Yogyakarta tanggal 19 Desember 1948. Panglima Besar Jendral Sudirman mengungsi ke luar kota dan meneruskan perjuangan perang gerilya. Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta atas usul dan persetujuan semua anggota kabinet diminta tetap berada di dalam kota. Soekarno Hatta dan Syahrir yang menjadi penasehat presiden waktu itu ditawan sekaligus di Istana Negara dan diangkut ke Brastagi dan Bangka.

Belanda tidak mengakui lagi Perjanjian Renville

Khazanah Arsip Statis Bernilai Sejarah tentang Belanda tidak mengakui lagi Perjanjian Renville, pada tanggal 18 Desember 1948 pukul. 23.30 malam Wakil Tinggi Mahkota Belanda Dr. L.J.M. Beel, pengganti Van Mook menyatakan bahwa Belanda tidak terkait lagi dengan perjanjian Renville. pagi harinya Agresi Militer Kedua Belanda dimulai.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi

Bukittinggi dan PMTKK ( Pasukan Mobil Teras Kurai Kota)

Khazanah Arsip Statis Bernilai Sejarah tentang Bukittinggi dan PMTKK ( Pasukan Mobil Teras Kurai Kota). Sekilas Tentang Perjuangan Pasukan Mobil Teras Kurai Kota. disusun oleh Drs. Fauzy Qasim ( Kolonel Purnawirawan) Tujuan Penulisan buku ini adalah untuk menampilkan penulisan sejarah tentang Peranan Kurai dalam penerapan Sishankamrata di Bukittinggi, juga untuk menimbulkan rasa bangga dengan pasangan dari luar Kurai.
Pembentukan PMTKK sebagai realisasi sistem Pertahanan yang bersifat Khas Sumatera Barat di Bukittinggi.
Tokoh-Tokoh PMTKK:

  1. Ali Akbar Dt. Garang ( 82 Th. Veteran RI)
  2. Muchtar St. Sati ( Sati Kutar ) 81 Thn ( Komandan Seksi I PMTKK)
  3. Ramli Dt. Tumamad (85 Th. Veteran RI)
  4. Harun Al- Rasyid (81 Thn)

Drs. Fauzy Qasim

Central Trading Company LTD

Khazanah Arsip Statis Bernilai Sejarah tentang Central Trading Company LTD. Isi dokumen menerangkan tentang surat yang ditujukan kepada P.J.M. Wakil Presiden N.R.I di Djogjakarta, tanggal 29 Oktober 1948 yang ditulis oleh H.A. Thahir.Pada surat tersebut diuraikan keadaan:
(1) Durham
(2) Pd. Tuan Soekamto
(3) Rantjangan C.T.C
(4) Pertikaian dalam Direksi C.T.C antara Tuan-tuan Tk. Hamid/Tk. Daoed dengan Hamdani.

Hasil 1 s.d 10 dari 340